Senin, 21 Maret 2011

Aku sedang Belajar

Manusia gak cuman satu dua orang yang punya watak berbeda. Sodara kembar yang identik sekalipun punya watak yang beda. Gimana dengan yang lain ayah lain ibu kan? Pasti beda banget.

Angkuh, sombong, sok, banyak omong , cerewet, tengil, sengak, pelit, egois, keras kepala dan lain-lain. Tentu aja orang-orang pada gak suka. Siapa sih yang mau punya temen yang punya sifat kek gitu? kalo boleh milih, pasti lebih baik punya temen yang baik, pengertian, perhatian, gak sombong, setia kawan dan sebagainya.
Terkadang mau gak mau kita harus belajar dari orang yang punya sifat jelek sekalipun. Tuhan tuh adil kok, setiap manusia yang Dia ciptain pasti punya kelebihan dan kekurangan. Sadar gak sadar aku juga kek gitu. Mungkin kekuranganku lebih menonjol daripada kelebihanku. Yang bisa menilai kan orang lain.


Jadi teringat beberapa tahun yang lalu. Sebut aja dia ‘Dewi’. Dewi lebih tua setahun dari aku. Dia anak yang pinter, cantik, gak sombong dan ramah *itu menurutku. Tapi sayang temen-temenku bilang karena kecantikannya itu dia jadi sombong, suka ngerebutin cowo orang, suka merintah-merintah seenaknya. Yah begitu persepsi orang berbeda-beda. Pertamanya aku gak gitu percaya sih sama kata temen-temen tapi lama-lama aku jadi berpikir yang sama dengan temen-temen. entah karena hasil pikiranku sendiri ato karena udah keikut sama pemikiran temen. Aku juga gak tau.

Suatu saat aku sama Dewi secara gak sengaja terlibat dalam suatu acara yang sama. Dan gak sengaja juga kita satu tim. Pikirku, “ Wow, bakal ribet nih kayaknya.” Dalam tim kami ada 6 orang, 4 orang cowok dan 2 orang cewek. Dan taulah ceweknya aku sama Dewi. Ok lah semoga bekerja sama dengan baik tanpa ada pemikiran yang aneh-aneh tentang dia kek yang lagi seru diomongin sama temen-temen.

Aku masih inget waktu itu hari Sabtu, secara ngedadak dapet sms dari salah satu temen yang ada di Tim aku. Nanti siang ada kumpul-kumpul plus latihan di tempat biasa. Ok aku jawab. 5 orang dah kumpul tinggal nungguin si Dewi yang udah setengah jam belum juga kelihatan batang hidungnya. Kita semua cemas lah, gak ada dia latihan gak bisa fokus. Tapi kita tetep latihan walopun keliat dan kedenger banget ada yang sumbang. Yupz, aha, okay. Pas kita udah serak-serak muncullah si Dewi. “Sorry aku telat, tadi tuh bla bla bla bla.” Leader dikelompok aku bilang, Yaudah kita langsung fokus latihan aja. Gak punya banyak waktu untuk dengerin penjelasan kamu.”

Selama 2 jam kita latihan, ya ada breaknya juga sih. Aje gile kalo 2 jam nyanyi mulu, bisa jeglek nih tenggorokan satu-satunya. Emang dari latihan kita berhari-hari ini sampe sekarang udah kedengeran lumayanlah. Tapi aku ngeliat ada yang aneh dengan Dewi, dia kek gelisah, kek konsen gak konsen ah pokoknya nyebelin gitulah. Sebel karna dia gak bisa fokus, waktu itu aku mikirnya gitu. Nyebelin kan. Udah ditunggu lama eh dateng-dateng jadi ngerusak suasana. Aku sebenernya paling sebel sama orang yang kek gitu. Cuman aku batin doang sih. Kesian juga kalo musti ngelabrak dia.

Latihan kelar, tapi karna kebelet pipis aku ke toilet dulu. Pas mau pulang aku ngeliat dewi masih duduk-duduk aja disitu. Aku samperin kan, Gak enakan juga, jangan-jangan gara-gara kita-kita pada sewot sama dia coz dateng telat trus dia jadi murung gitu. Wooiiii anak orang di bikin nangis. Gak tau sifat angelku baru kumat nih. Aku samperin dia, ditanyain kenapa-kenapa ko gak pulang dengan tampang ditekuk gitu. Tersinggung sama ucapan kita-kita kali yak. eh bener dah, dia cerita dengan semangatnya. Awalnya aku gak mau dengerin, males banget rasanya. Tapi dia tiba-tiba ngomong sesuatu yang bikin aku jadi terdiam, terenyuh, ngerasa bersalah dan sebagainya. Asli jadi bener-bener gak enak waktu itu. Kenapa mau cerita ke aku, deket sama dia juga kagak. Dia bilang karena aku gak pernah ikut cibir-cibir disaat temen-temen aku yang laen gerah kalo Dewi lewat didepan kita dan tetep biasa aja sama dia.

Singkat cerita dari sejak saat itu si Dewi jadi sering curhat ke aku tentang apa saja. Aku juga kadang cerita-cerita ke dia. Jauh dari sifatnya yang orang-orang gak suka, tapi sebenernya dia anak yang baik loh, enak diajak sharing tentang apapun, Dia juga dewasa tambah lagi rapi n teliti. Nyaman lah aku temenan sama dia. Ternyata persepsi selama ini tentang Dewi dengan yang dicerita’in orang-orang tuh salah. Lebih baik aku juga belajar don’t judge a book by it’s cover lah.
Gak asing lagi setiap orang tuh punya kelebihan dan kekurangan. Sebenernya kita sebagai temen hanya perlu memahami dan ngerti’in. Mungkin sebaliknya kan aku sendiri sering ngeselin. Dan Kita harus mengenal sifat temen-temen kita supaya kita tau kenapa dia bisa kek gitu. Aku sendiri juga lagi belajar nih bersikap kek gitu. God Bless Me. ^^

0 komentar:

Ekspresikan Komentar Anda | Ex : Ketik :10
:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40
:41 :42 :43 :44
:45 :46 :47 :48

Posting Komentar